• Jelajahi

    Copyright © FBINEWS JATIM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menu Bawah

    Pemantapan Pramuka Garuda Tahun 2022 Kwarran Kranggan, Kota Mojokerto

    fbinews
    Jumat, 25 November 2022, 19.29 WIB Last Updated 2022-11-25T12:29:41Z

     


    Mojokerto -Fbinews


    Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kranggan Kota Mojokerto menggelar Pemantapan Pramuka Garuda Tahun 2022, di Pusdiklat Jawa Timur (Argosonya), Desa Bakalan, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, yang berlangsung selama dua hari yaitu hari Jumat dan Sabtu, tanggal: 25 - 26 November 2022. Sebagai pembina upacara dalam Pemantapan Pramuka Garuda Tahun 2022 ini adalah KaMabiran Kwarran Kranggan Bapak Suharno. SH.MH 


    Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang dan Penegak). Pelaksanaan Pemantapan Pramuka Garuda ini didasarkan pada keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 101 Tahun 1984 juncto Nomor 180 A Tahun 2008. Dalam Pemantapan Pramuka Garuda Tahun 2022 ini peserta Siaga tidak bermalam di lokasi perkemahan 




    "Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi pada setiap golongan Pramuka. Agar menjadi generasi bangsa Indonesia yang berkarakter, maka Pramuka Garuda wajib menjiwai serta menjalankan Trisatya dan juga melaksanakan Dasa Darma," jelas Ka Kwarran Kranggan, Bapak Anang Jauhari, S.Sos. MM. 


    Tujuannya pembinaan dan pengembangan dalam gerakan Pramuka ini adalah untuk mendidik anak-anak dan pemuda supaya menjadi warga negara yang berdedikasi, berdisiplin, terampil serta berkeyakinan hingga mereka mampu menjawab segala tantangan kehidupan dan diharapkan melalui pembinaan tersebut mereka menjadi mandiri dan juga bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. 


    "Didalam Gerakan Pramuka, pembinaan dan pengembangannya dilakukan secara terus menerus dan berjenjang. Proses pembinaan ini dilakukan dengan terlebih dahulu mengupayakan terdidiknya pembina-pembina Pramuka yang handal dan dapat melaksanakan proses pembinaan secara baik sesuai dengan kaidah pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka. Dan salah satu bentuk pembinaan anggota Pramuka tersebut adalah melalui kegiatan pemantapan Pramuka Garuda seperti saat ini. Disamping itu juga dibukanya ruang komunikasi dari atas ke bawah dan juga dari bawah ke atas sehingga keinginan semuanya dapat kita ketahui bersama demi kemajuan Gerakan Pramuka di Kecamatan Kranggan," lanjut Bapak Anang. 


    Upaya meningkatkan kecakapan anggota Pramuka merupakan hal yang sangat penting. Karena mereka diharapkan bisa tumbuh menjadi generasi muda yang berkarakter hingga akhirnya mampu menjadi pemimpin bangsa di masa depan. 


    Kegiatan Pemantapan Pramuka Garuda Tahun 2022 oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Kranggan Kota Mojokerto ini diikuti oleh 32 sekolah, dengan 300 orang anggota Pramuka dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kacamatan Kranggan, Kota Mojokerto. 


    Peserta tingkat Siaga Putra sebanyak 71 anggota, Siaga Putri sebanyak 71 anggota, jumlah keseluruhan peserta Siaga sebanyak 142 anggota. 


    Peserta tingkat Penggalang Putra sebanyak 66 anggota, Penggalang Putri sebanyak 66 jumlah keseluruhan peserta Penggalang sebanyak 132 anggota. 


    Peserta tingkat Penegak Putra sebanyak 13 anggota, Penegak Putri sebanyak 13 anggota, Jumlah keseluruhan peserta Penegak 26 anggota.




    (Agus Buyut)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini