Senin, 08 Agustus 2022

Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial Di Wilayah Kodim 0815/Mojokerto


Mojokerto - FBINEWS

Kodim 0815/Mojokerto  mengadakan kegiatan pembinaan komunikasi (Binkom) cegah konflik sosial dengan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan jaring Intel binaan, perwakilan Perguruan Silat Kabupaten-Kota Mojokerto, perwakilan Insan Pers Mojokerto dan perwakilan Mahasiswa Mojokerto. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Rumah Rakyat, jalan Hayam Wuruk 50, Kota Mojokerto dengan mengambil tema Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial. Kegiatan ini merupakan program dari Mabes TNI AD dalam rangka menciptakan kondusifitas di wilayah.

Bahwa pemerintah RI telah menerbitkan UU RI nomor 7 tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial (PKS) adalah sebagai upaya dalam melindungi seluruh rakyat Indonesia. Berusaha memberikan kesejahteraan umum dan melindungi hak asasi manusia dengan menciptakan suasana aman, tentram, damai dan sejahtera. 

Adanya benturan, perseteruan antar kelompok masyarakat dapat menimbulkan konflik sosial yang mengakibatkan terganggunya stabilitas nasional dan terhambat pembangunan nasional. Untuk itu dengan adanya kegiatan Binkom Penanganan Konflik Sosial (PKS) yang menitikberatkan pencegahan, tentunya harus disikapi dan di apresiasi positif sebagai langkah preventif TNI AD sehingga konflik sosial dapat dihindari.

"Namun semua ini tidak bisa dilakukan sendiri, dan tentunya butuh kerja sama, sinergitas dan kolaborasi dengan stakeholder terkait serta segenap komponen bangsa yang ada diwilayah, yakni, para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, budayawan, tokoh pemuda,  mahasiswa,  media dan komponen masyarakat lainnya," ungkap Dandim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Beni Asman S.Sos.,M.H dalam sambutannya.

Sementara itu, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar, S.I.P (Pabandya 2/Dalwasproggar Spaban 1/Ren Sintelad / Ketua Tim) menyampaikan, "Terjadinya konflik karena kita mempunyai kepentingan, kita mempunyai pendapat, kita mempunyai keinginan, kita mempunyai kebutuhan karena kita adalah manusia."

Binkom kali ini dengan narasumber Bapak Anang Fahruroji, S.Sos.,M.Si selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Mojokerto serta moderator Drs. Roul Amrullah,  yang merupakan Kabid Wasnas dan Anflik Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto.

Maraknya berbagai ancaman terhadap kesatuan bangsa dan keamanan nasional seperti terorisme, intoleransi, radikalisme dan kekerasan antar kelompok merupakan ujian berat bagi penyelenggaraan keamanan negara.

Sebagai langkah pencegahan terjadinya konflik, Pemerintah Daerah bersama Polri dan TNI perlu melaksanakan langkah-langkah memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik dan membangun sistem peringatan dini.


(Agus Buyut)

Wartawan Media FBINews Jatim Dalam Menjalankan tugas, dibekali Press card Identity yang masih berlaku dan Surat Tugas, serta Namanya tercantum di website Fbinewsjatim.com dalam Susunan Redaksi. Laporkan segera segala bentuk dan tindakan melanggar Hukum dan Melanggar kode etik Jurnalist

FBINEWS BANTEN