Rabu, 29 Juni 2022

Vaksinasi Massal Di Puskesmas Dlanggu Kembali Digelar, Antisipasi Merebaknya Varian Baru Covid-19


Mojokerto - Fbinews

Vaksinasi covid-19 yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto terus digencarkan. Kali ini kembali dilaksanakan di Puskesmas Dlanggu, Jalan Yon Joko Tole 47, Desa Dlanggu, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (29/6/2022). 


Pelayanan vaksinasi ini tidak henti-hentinya disediakan oleh pemerintah supaya masyarakat mudah dalam mendapatkan vaksinasi sehingga daya tahan tubuhnya tetap tinggi.


Saat ini perkembangan penularan covid-19 terus dalam kewaspadaan. Diharapkan masyarakat tidak lengah. Harus tetap waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa menjadi pemicu penularan covid-19. Semua harus tetap berhati-hati. Dan tetap menjaga imunitas tubuh.


Dari hasil kajian para ahli, vaksinasi sangat efektif dalam upaya menjaga imunitas tubuh. Memang pada rentang waktu tertentu imunitas tubuh mengalami penurunan kembali setelah menerima vaksin. Untuk itu diperlukan vaksinasi kembali. Baik itu dengan vaksinasi dosis kedua atau yang dosis lanjutan.


"Makanya kami tidak henti-hentinya memberikan pelayanan vaksinasi agar imunitas masyarakat tetap terjaga. Kalau ada yang bilang untuk apa masih ada vaksinasi, kan sekarang situasi sudah aman. Saya beritahukan bahwa saat ini sudah terjadi mutasi virus covid menjadi varian-varian baru. Jadi vaksinasi ini masih sangat diperlukan untuk mengantisipasi munculnya wabah kembali. Jadi yang sudah waktunya untuk vaksinasi, segera saja untuk mengikuti vaksinasi. Karena dengan vaksinasi daya imun tubuh yang mulai melemah akan dirangsang kembali untuk meningkat," kata Kartiko Agen BIN Mojokerto.


Saat ini pelayanan vaksinasi diberikan kepada masyarakat umum, lansia, pelajar atau santri serta anak usia 6-11 Tahun dengan vaksin jenis Astrazeneca.


Vaksin merupakan berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan untuk disuntikkan ke dalam tubuh supaya merangsang meningkatnya imunitas tubuh seseorang. 


Dengan imunitas tubuh yang tinggi maka akan mengurangi resiko terpapar atau terjadinya penularan. Tubuh seseorang yang telah mendapat suntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan itu.


Erni (40) warga Sroyo, Dlanggu mengatakan, "Saya masih was-was dengan covid. Biarpun saat ini sudah ada pelonggaran-pelonggaran aktivitas masyarakat. Biarpun saat ini banyak yang bilang kalau wabah covid turun, tapi saya masih selalu menggunakan masker, masih menggunakan hand sanitizer, juga gak mau kalau terlalu bergerombol. Daripada kena penyakit lebih baik hati-hati. Sekarang berobat itu mahal. Dan bagi saya lebih baik segera vaksin biar selalu sehat."



 (Agus Buyut)

Wartawan Media FBINews Jatim Dalam Menjalankan tugas, dibekali Press card Identity yang masih berlaku dan Surat Tugas, serta Namanya tercantum di website Fbinewsjatim.com dalam Susunan Redaksi. Laporkan segera segala bentuk dan tindakan melanggar Hukum dan Melanggar kode etik Jurnalist

FBINEWS BANTEN