Minggu, 15 Mei 2022

PERAYAAN WAISAK 2022 DI MAHA VIHARA MOJOPAHIT MOJOKERTO

Tags

 


Mojokerto - Fbinews


Umat Buddha di Mojokerto merayakan hari Raya Waisak 2566 BE yang jatuh pada Senin (16/5/2022). Salah satu tempat yang menjadi pusat perayaan Waisak ini ialah Maha Vihara Mojopahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. 


"Peringatan Waisak itu sering disebut dengan Tri Suci Waisak, memperingati tiga peristiwa penting dibulan Waisak pada waktu purnama sidi. Yang pertama adalah memperingati kelahiran Sidarta Gautama yang lahir di Taman Lumbini tahun 623 SM. Pada kelahiran beliau bertepatan dengan purnama sidi di bulan Waisak. Yang kedua adalah memperingati Sidarta Gautama mencapai pencerahan atau menjadi Buddha pada tahun 588 SM di hutan Gaya dibawah pohon Bodi. Dan yang ketiga memperingati meninggalnya Sang Buddha Gautama pada tahun 543 SM yang bertepatan pula pada bulan Waisak di purnama sidi." ungkap Romo Sariyono, Pandita Maha Vihara Mojopahit.




Didalam komplek Maha Vihara Mojopahit terdapat patung Buddha tidur atau sleeping Budhist. Patung Buddha tidur ini menggambarkan detik-detik wafatnya Buddha Gautama, yang didalam ajaran Buddha, posisi ini disebut Budha Maha Parinibbana. Patung ini berukuran sangat besar. Sampai saat ini masih merupakan patung Buddha tidur atau sleeping Budhist terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Mojokerto.


Patung dibangun pada tahun 1993 dari cor beton yang dilapisi dengan warna emas dan memiliki dimensi panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter.


Pandita Sariyono juga menambahkan bahwa purnama sidhi pada perayaan Waisak tahun 2022 ini tepat hari Senin (16/5) pukul 11:13.46 WIB. 


"Perayaan Waisak dijalani dengan acara Pradaksina kemudian mandi Buddha, bayi Sidharta Gautama. Yang ketiga adalah Puja bakti, pembacaan doa, pesan Waisak oleh Bhiku Sangha dan yang terakhir adalah detik-detik Waisak di posisi meditasi." ungkap Romo Sariyono


"Selamat hari raya Waisak, semoga seluruh umat Buddha selalu dilimpahkan kedamaian." Ucap bupati Mojokerto, dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. yang hadir dalam perayaan Waisak di Maha Vihara Mojopahit



(Agus Buyut)

Redaktur : Fuad Abdullah

Wartawan Media FBINews Jatim Dalam Menjalankan tugas, dibekali Press card Identity yang masih berlaku dan Surat Tugas, serta Namanya tercantum di website Fbinewsjatim.com dalam Susunan Redaksi. Laporkan segera segala bentuk dan tindakan melanggar Hukum dan Melanggar kode etik Jurnalist

FBINEWS BANTEN